MASYAALLAH.... TIDAK DISANGKA TERNYATA JEMAAH SHOLAT SHUBUH TERBANYAK DI INDONESIA ADA DI BALI, KARENA HAL BERIKUT....? SEBARKAN



Anda pasti tak pernah menyangka dan hampir kurang yakin dengan berita yang satu ini. Ya, bila di tanya, daerah manakah jumlah jama’ah sholat subuh paling banyak di Indonesia? Nyatanya jawabannya adalah di Bali.


Bila di daerah sebagian besar Muslim umumnya jamaah shalat subuhnya senantiasa sedikit, ini akan berbeda jauh dengan situasi shalat subuh berjamaah di Bali. Tepatnya di Masjid Baitul Makmur yang ada di Jalan Gunung Merbuk Perumahan Monang Maning, Denpasar, Bali. Bila shalat lain jamaahnya seperdua, ketika shalat subuh jamaahnya penuh bahkan juga semakin banyak lagi sampai ke pelataran masjid pada hari Ahad.

Hal semacam ini diakui salah satu Pengurus Masjid Baitul Makmur Bambang Santoso yang menyampaikan kalau setiap shalat subuh, jumlah jamaah dapat meraih 700 orang bahkan juga pada hari sabtu – ahad dapat meraih 1. 500 jamaah. Tingginya ketertarikan jamaah ini bukan hanya karena warga Muslim di Bali yaitu minirotas tetapi lantaran ada hidayah dalam hati jamaah dan taufiq yang menyertainya. “Ini butuh kreatifitas beberapa pengurus masjid, ” tuturnya.

Bambang mengaku ada
banyak masalah yang perlu dibenahi hingga syiar Islam lebih menggema di Bali. Sebagai contoh sekarang ini masihlah ada banyak masjid di beberapa tempat terpencil di Bali yang memerlukan perhatian orang-orang Muslim. Ia mencatat di Bali ada 638 masjid serta mushalla tetapi dari sekian banyak masjid serta mushalla cuma 326 masjid yang dapat dipakai untuk shalat jum’at karena lain kondisinya belum penuhi syarat.

Hal semacam ini jadi tantangan dakwah di Bali lantaran umat Islam ada di dalam mayoritas non Muslim. Sekurang-kurangnya dengan program pemberdayaan pendidikan, perubadatan serta perekonomian berbasiskan masjid, akan menolong meningkatkan kesejahteraan orang-orang. “Semoga program ini didukung dari semuanya pihak yang perduli dengan syiar Islam, ” paparnya.
Masjid Baitul Makmur berdiri di atas tempat seluas 12, 89 ha. Di bawah Yayasan Baitul Makmur berdiri lembaga pendidikan TK Aisyah, SD Muhammadiyah 3, serta SMP Muhammadiyah 3. Masjid tiga lantai yang dilengkapi perpustakaan ini menjalankan aktivitas masjid salah satunya bidang Ketakmiran yang berfungsi mengatur solat 5 waktu, sholat Jum’at, pengajian, tafsir al-Qur’an serta hadis setiap dua minggu sekali, bedah buku, infaq, sodaqoh serta menyediakan sarana saat dilaksanakan aktivitas.

Masjid ini pernah memenangkan perlombaan Semarak Muharram 1426 Hijriyah dalam kelompok aktivitas masjid serta jadi tempat pelantikan pengurus Dewan Masjid Indonesia wilayah Bali yang di hadiri oleh HM Jusuf Kalla selaku ketua Dewan Masjid Indonesia Pusat.
 
 
 
CAR,HOME DESIGN,FOREX,HOSTING,HEALTH,SEO

0 Response to "MASYAALLAH.... TIDAK DISANGKA TERNYATA JEMAAH SHOLAT SHUBUH TERBANYAK DI INDONESIA ADA DI BALI, KARENA HAL BERIKUT....? SEBARKAN"

Posting Komentar